assalamualaikum

welcome all


since 27 setember 2010

Jumat, 01 Oktober 2010

WAN & LAN

  1. WAN
    WAN adalah Wide Area Network adalah sebuah jaringan komunikasi data yang menghubungkan user-user yang ada dijaringan yang berada diarea suatu geografik yang besar, seperti propinsi, atau negara. WAN mempunyai beberapa karakteristik peting yang membedakan dengan LAN. WAN selalu menggunakan fasiltitas transmisi yang disediakan oleh perusahaan oleh telekomunikasi seperti perusahaan layanan telepon.

    Karakteristik dari WAN:


    • Terhubung keperalatan yang tersebar ke area geografik yang luas.
    •  Menggunakan jalur layanan umum, misalnya perusahaan telekomunikasi. PT. Telkom, PT. Indosat, PT. Excelcomindo dan lain-lain yang membentuk jaringan didalam geografik jaringan tersebut.
    • Menggunakan koneksi serial untuk akses bandwidth diseluruh area geografik tersebut.

    Sebuah WAN beroperasi pada layer fisik dan layer data link dari OSI layer. WAN menghubungkan LAN-LAN dalam suatu area geografik yang luas. WAN mampu melakukan pertukaran paket data dan frame antara router dan switch.

    Berikut adalah peralatan-peralatan yang digunakan pada WAN:



    • Router, termasuk internetworking dan port-port interface WAN.
    • Modem, termasuk interface voice-grade, channel service unit/digital service units(CSU/DSU) yang melayani interface T1/E1, dan Terminal Adapter/Network Termination 1 (TA/NT 1) sebagai interface Integrated Service Digital Network (ISDN).
    • Server-server dial in dan user-user yang melakukan dial out untuk melakukan koneksi.


    Contoh-contoh jaringan-jaringan data


    Standar yang menangani WAN:
    • International Telecommunication Union-Telecommunication Standardization Sector (ITU-T), Consultative Committee for International Telegraph and Telephone (CCITT).
    • International Organization for Standardization (ISO).
    • International Engineering Task Force (IETF).
    • Electronics Industries Association (EIA).




    Peralatan WAN

    WAN didesain untuk :



    • Beroperasi pada daerah geografik yang sangat luas.
    • Mampu memberikan koneksi serial dengan biaya murah dan kecepatan rendah atau biaya mahal dan kecepatan tinggi misalnya lewat jalur ATM atau fiber optic.
    • Mampu menyediakan koneksi full-time dan part-time.
    Layanan WAN


  2. LAN
    LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan disebuah komunitas seperti perkantoran, gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer komputer yang terhubung ke dalam network. . Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan
    Workstation lebih di bawah dari file sever dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan computer lainnya.

    Sistem pengkabelan L A N workstation.
    Ada beberapa tipe pengkabelan pada workstation yang dapat digunakan dalam mengaplikasikan OS, yaitu :




    • Thin Ethernet (thinnet)Thin Ethernet atau Thinnet memiliki keunggulan dalam hal biaya yang relative lebih murah dibandingkan dengan tipe pengkabelan lain, serta pemasangan komponennya lebih mudah. Panjang kabel thin coaxial/RG-58 antara 0.5 – 185 m dan maksimum 30 komputer terhubung.


    • Thick Ethernet (thicknet)
      Dengan thick Ethernet atau thicknet, jumlah komputer yang dapat dihubungkan dalam jaringan akan lebih banyak dan jarak antara computer dapat diperbesar, tetapi biaya pengadaan pengkabelan ini lebih mahal serta pemasangannya relatif lebih sulit dibandingkan dengan Thinnet. Pada Thicknet digunakan transceiver untuk menghubungkan setiap komputer dengan system jaringan dan konektor yang digunakan adalah konektor tipe DIX. Panjang kabel transceiver maksimum 50 m, panjang kabel Thick Ethernet maksimum 500 m dengan maksimum 100 transceiver terhubung.


    • Twisted pair Ethernet
      Kabel Twisted Pair ini terbagi menjadi dua jenis yaitu shielded dan unshielded. Shielded adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Un tuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan konektor RJ -11 atau RJ-45. Pada twisted pair (10 Base T) network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang tersentral pada HUB. Twisted p air umu mnya lebih handal (reliable) dibandingkan dengan thin coax karenaHUB mempunyai
      kemampuan data error correction dan meningkatkan kecepatan transmisi. Saat ini ada beberapa grade, atau kategori dari kabel twisted pair. Kategori 5 adalah yang paling reliable dan memiliki kompabilitas yang tinggi, dan yang paling disarankan. Berjalan baik pada 10Mbps dan Fast Ethernet (100Mbps). Kabel kategori 5 dapat dibuat straight-through atau crossed. Kabel straight through digunakan untuk menghubungkan komputer ke HUB. Kabel crossed digunakan untuk menghubun gkan HUB ke HUB. Panjang kabel maksimum kabel Twisted-Pair adalah 100 m.




    • Fiber Optic
      Jaringan yang menggunakan Fiber Optic (FO) biasanya perusahaan besar. dikarenakan harga dan proses pemasangannya lebih sulit. Namun demikian, jaringan yang menggunakan FO dari segi kehandalan dan kecepatan tidak diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar